Cara Menulis di Blog JPI

Apa sih JPI itu?
JPI atau Jaringan Penulis Indonesia adalah sebuah komunitas yang mempertemukan antara penulis pemula dan penulis yang sudah melahirkan karya berupa buku, novel, skenario film dan FTV, artikel, maupun bentuk penulisan lainnya.

Siapa saja anggotanya?
Anggotanya datang dari berbagai kalangan dan profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, jurnalis, penulis fiksi dan non-fiksi, karyawan swasta dan pemerintah, guru, relawan, sampai ibu rumah tangga.

Apa syarat menjadi anggota JPI?
Sesuai moto JPI "Milik Bersama Belajar Bersama", maka JPI hadir untuk mewadahi keinginan anak bangsa untuk mengisi ruang literasi dengan tulisan bermanfaat. Jadi, JPI merupakan komunitas yang tepat bagi kamu yang suka dunia tulis-menulis.

Tak ada syarat khusus untuk masuk menjadi anggota JPI. Satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah, keaktifan kita di grup WA, dan partisipasi kita untuk menyumbangkan buah pikir dan menuangkannya melalui tulisan lewat  www.jaringanpenulis.com

Tulisan apa saja yang boleh dipublikasikan di JPI?
Apapun jenis tulisanmu, bisa masuk dan terpublikaskan lewat www.jaringanpenulis.com. Sepanjang isinya positif, inspiratif, penuh motivasi, bukan berita bohong, bukan berita politik sensitif, bukan tulisan salinan dari portal lain (plagiat), dan tidak menyinggung SARA.

Bagaimana cara menjadi kontributor?
Silakan kirim email kamu ke www.jaringanpenulis.com atau WA grup JPI untuk diundang oleh admin JPI. Kontributor dipilih berdasarkan rekomendasi dari sahabat JPI. Hal ini untuk mempermudah admin dalam memonitoring isi yang termuat di dalamnya.

Setelah memberikan email, lalu apa tahapan selanjutnya?
Selanjutnya, cek kotak masuk atau spam di email kamu. Jika ada undangan untuk menulis di www.jaringanpenulis.com silakan diterima. Segera cek email, karena jika kelamaan tidak diterima maka undangan akan kedaluwarsa. Kalau sudah kedaluwarsa, maka kamu harus mendapatkan undangan lagi untuk bisa menjadi kontributor. Jadi, pastikan ditunggu ya!

Setelah menerima undangan, bagaimana cara menulis di JPI?
Jika sudah menerima undangan, maka kamu sudah sah menjadi kontributor. Tulisanmu pun bisa segera dipublikasikan.

Bagaimana cara menulis di blog JPI?
Tenang, kamu akan dipandu sampai bisa mempublikasikan sendiri hasil tulisan kamu. Caranya, klik ini ya Mau Tahu, Cara Menulis di Blog JPI

Apa keuntungan yang didapat dengan menulis di blog JPI?
JPI memiliki program utama, yaitu menulis profil antar penulis. Keren kan! Semakin banyak profilmu dibaca, maka mesin pencarian google akan menempatkan namamu di bagian paling atas. Jangan takut dan jangan malu sama kehidupanmu yang kamu anggap sederhana, jauh dari kata pantas, dan rasa malu lainnya. Kamu harus percaya diri, karena semua anggota JPI adalah calon penulis hebat di dunia. Jadi, percaya diri itu penting loh!

Keuntungan berikutnya, tulisan kamu yang telah dimuat di blog www.jaringanpenulis.com akan dibaca pembaca dari seluruh penjuru dunia. Kamu bisa promosi produk yang kamu punya, seperti buku kamu yang baru terbit, dagangan tetangga kamu yang baru buka, atau bisnis kamu yang lagi dirintis. Pembaca blog www.jaringanpenulis.com cukup banyak loh, bahkan sampai menembus samudera.

Selanjtunya, kamu juga bisa memberikan tautan (link) hasil tulisan kamu untuk bermacam kepentingan, seperti kompetisi yang membutuhkan bukti bahwa kamu adalah penulis.

Keuntungan lainnya adalah tulisan kamu menjadi keberkahan dalam hidupmu. Berbagi informasi sama halnya dengan sedekah loh. Tulisan pun bisa jadi amalan jariyah. Asyik kan!

Apakah saya dibayar jika menulis di blog JPI?
JPI adalah blog komunitas yang dikhususkan bagi mereka yang hobi menulis dan berbagi. JPI tempat para penulis belajar dan berbagi. Kalaupun dalam penulisan pada akhirnya menghasilkan uang ke depan, seperti ada endorser, sponsor, dan lain-lain, tentu itu rezeki untuk yang sudah menulisnya. 

Selamat menulis #SahabatJPI. Ingat! waktu kita terbatas hidup di dunia. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin agar waktu kita tak terbuang sia-sia, dan pastikan bahwa tulisan kita akan terus mengudara, selama ada kuota. 



Tidak ada komentar:

www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.